Perawatan Infeksi


Kemajuan pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan berdampak besar terhadap peningkatan mutu pelayanan keperawatan.  Pelayanan keperawatan yang dilaksanakan oleh tenaga profesional, dalam melaksanakan tugasnya dapat bekerja secara mandiri dan dapat pula bekerja sama dengan profesi lain.
Perawat dituntut untuk melaksanakan asuhan keperawatan untuk pasien/klien baik secara individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dengan memandang manusia secara biopsikososial spiritual yang komperhensif.  Sebagai tenaga yang profesional, dalam melaksanakan tugasnya diperlukan suatu sikap yang menjamin terlaksananya tugas tersebut dengan baik dan bertanggungjawab secara moral.
Masalah, merupakan suatu bagian yang tak dapat dipisahkan dari segala segi kehidupan.  Tidak ada satupun benda ataupun subjek hidup yang bersih tanpa masalah, namun ada yang tersembunyi namun ada juga yang lebih dominan oleh masalahnya.
Begitupun dalam praktik keperawatan, terdapat beberapa isu yang bisa jadi merupakan masalah dalam praktik keperawatan kita. Baik merupakan perbuatan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, ataupun segala hal yang terjadi disebabkan oleh pertimbangan etis.
 Kejadian infeksi ini berhubungan dengan pengetahuan perawatan pasien. Perawatan merupakan tugas keseharian perawat dan bidan, sehingga perawat dan bidan harus menggunakan keterampilan perawatan yang benar. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi. Hal-hal yang perlu dilakukan perawat dan bidan meliputi: cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan tindakan, memakai handscoon, menggunakan 1 set peralatan steril untuk 1 pasien, dan menerapkan kondisi aseptis.


Post in :  Himatusjannah

0 Response to "Perawatan Infeksi"

Post a Comment